Sejarah Atau Perkembangan Sistem Informasi Atau Teknologi Informasi Terkait Dengan Inovasi
PENDAHULUAN
Di zaman sekarang teknologi berkembang dengan pesat oleh karena
itu banyak yang membuat atau menciptakan sesuatu yang baru di bidang teknologi.
Dengan adanya teknologi yang canggih dapat memanfaatkan penggunanya seperti
mendapatkan informasi secara cepat.
SEJARAHPERKEMBANGAN
INFORMASI TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI
Manusia
zaman dulu sudah mengenal informasi dan komunikasi tetapi teknologi dan
komunikasi pada zaman dulu tidak secanggih pada zaman sekarang ini. Manusia
zaman dulu untuk membuat informasi dengan cara menggambar di dinding. Untuk
komunikasi mereka hanya mengandalkan isyarat tangan. Pada zaman prasejarah
diciptakan alat – alat yang digunakan untuk menghasilkan bunyi seperti terompet
yang terbuat dari tanduk binatang yang berfungsi sebagai alat pemberi tahu
adanya bahaya.
SEJARAH
PERKEMBANGAN SISTEM INFORMASI
Sekitar 3000 tahun yang
lalu manusia mempertukarkan informasi dengan cara menulis di batu, kayu, dan
tanah liat. Ada empat tahapan yang dilalui dalam mengembangkan komunikasi dan
informasi :
1 1. Periode pertama : Pra Mekanik
Pada
periode ini menggunakan simbol untuk menyampaikan informasi. Pada tahun 3000 – 2000 sebelum masehi manusia
menggunakan gambar untuk menyampaikan pesan. contoh Bangsa Fenensia yang
mengciptakan model yang sama. Bangsa Yunani Kuno mengadaptasi symbol milik
Bangsa Fenisia dengan menambahkan huruf vokal yang membuatnya mudah digunakan.
Banga Romawi kuno memakainya, yang mana saat ini menjadi alfabet yang kita
kenal dan gunakan saat ini.
2. Periode kedua : Mekanik
Periode
masuk ke dalam masa abad pertengahan. Pada periode ini orang sudah menggunakan
peralatan untuk menyimpan, mengolah, dan merekam informasi. Gutenburg adalah salah satu penemu mesin
cetak. Gutenburg berasal dari Jerman. Dengan adanya mesin cetak dapat
memudahkan penggunanya karena dapat memproduksi tulisan yang sama dalam jumlah
besar.
3
3. Periode ketiga : Elektromekanik
Pada
periode ini diciptakan telepon dan kode mouse untuk digunakan komunikasi jarak
jauh.
4
4. Periode keempat : Elektronik
Pada
tahun 1957 Jean Hoerni mengembangkan transistor. Transistor dapat
mengintegrasikan semua sirkuit yang diciptakan tahun – tahun selanjutnya. Pada
tahun 1960, Departemen Pertahanan Amerika Serikat mendirikan ARPANET (Advanced Research Project Agency NETwork ). ARPANET
digunakan untuk pemerintah, penelitian, dan universitas. Pada tahun 1962
peniliti dari MIT yang bernama Licklider memperluas ARPANET ke jaringan
komputer di seluruh dunia untuk interaksi social.
DAMPAK POSITIF
TEKNOLOGI INFORMASI
1 1. Media social
Dengan
adanya media social kita dapat bertemu dengan individu yang baru, menambah
pertemanan, dan mempromosikan bisnis atau usaha kita.
2
2. Membantu untuk mencari informasi
Teknologi
informasi dapat membantu kita mencari informasi dengan cepat. Untuk peranan
informasi terhadap siswa, teknologi informasi dapat membantu siswa untuk
mencari bahan pelajaran di sekolah sehingga siswa dapat menambah wawasan atau
ilmu yang baru dan luas.
3
3. Memudahkan komunikasi
Dengan
adanya teknologi informasi dapat memudahkan kita dalam hal komunikasi. Contoh
kita dapat berkomunikasi dengan teman kita dalam jarak jauh.
DAMPAK
NEGATIF TEKNOLOGI INFORMASI
1. Meningkatkan penipuan dan juga kejahatan
cyber
Teknologi
informasi saat ini berkembang sangat pesat sehingga banyak sekali orang – orang
memanfaatkan teknologi informasi yang negatif dengan cara yaitu menipu.
2. Konten negatif yang berkembang pesat
Konten
negatif bisa berdampak buruk bagi semua kalangan seperti kalangan dewasa maupun
kalangan anak-anak. Terutama kalangan anak-anak. Di zaman teknologi informasi yang
berkembang pesat banyak sekali kalangan
anak-anak yang menonton yang seharusnya mereka tidak boleh ditonton. Hal ini
akan berakibatkan si anak akan kehilangan bersosialisasi, menurunnya prestasi
belajar.
3
3. Menurunnya prestasi belajar dan juga
kemampuan bekerja seseorang
Dampak
negatif dapat menurunkan prestasi
belajar anak karena anak tersebut akan lebih fokus terhadap teknologi informasi
. Kenapa dikatakan lebih fokus terhadap teknologi informasi karena teknologi
informasi memiliki media hiburan seperti games dan sebagainya maka anak
tersebut akan malas untuk belajar sehingga prestasi belajar akan menurun.
KOMPONEN
– KOMPONEN KOMPUTER
Komputer memiliki 3
komponen yaitu Hardware, Software, dan Brainware.
1. Hardware
Hardware
atau perangkat keras adalah komponen dari system komputer yang dapat disentuh
secara langsung. Contoh dari hardware yaitu monitor, mouse, keyboard, speaker
dan sebagainya.
2. Software
Software atau
peragkat lunak adalah komponen dari system komputer yang tidak dapat disentuh.
Perangkat lunak memiliki fungsi yaitu untuk memproses atau memberi perintah
sehingga dapat menjalankan berbagai perintah. Contoh dari software yaitu linux,
unix, Microsoft, google, visual basic dan sebagainya
3. Brainware
Brainware dapat
dikatakan sebagai pengguna komputer. Contoh dari brainware yaitu operator,
programmer, dan administrator.
INOVASI TEKNOLOGI
INFORMASI
1. Drone
Drone adalah
pesawat terbang yang dikendalikan oleh remote control. Remote control digunakan
untuk mengontrol drone di udara. Pada awalnya drone hanya digunakan untuk
anggota militer. Anggota militer menggunakan drone untuk memonitor seluruh
bagian wilayah yang berbahaya.
2. Tango
Tango merupakan
aplikasi yang diciptakan oleh google. Tango dapat membantu google maps karena
mampu mempelajari keadaan sekitar seperti bentuk rumah, menciptakan peta lebih
tepat dan akurat.
3. Virtual Reality (VR)
Virtual Reality
diciptakan pada tahun 1800-an. Dalam bahasa Indonesia virtual Reality disebit dengan
realitas maya. Virtual Reality dapat membuat penggunanya merasakan seakan-akan
akan berinteraksi dengan lingkungannya.
KESIMPULAN
Di zaman teknologi
informasi yang berkembang pesat ini kita
sebagai pengguna harus bijak memakai teknologi informasi.
REFERENSI
http://dyhancrspo.blogspot.com/2016/09/sejarah-perkembangan-sistem-informasi.html
http://www.academia.edu/27853821/Sejarah_Singkat_Perkembangan_Teknologi_Informasi_dan_Komunikasi
http://www.belajar-komputer-mu.com/2012/09/sejarah-perkembangan-sistem-informasi.html
http://www.bintangmandirischool.sch.id/id/bulletin/5-penemuan-inovasi-teknologi-informasi-terbaru-di-dunia-2016-%E2%80%93-2017
https://gdroneview.com/apa-itu-drone-pengertian-fungsi-kegunaan/
https://www.google.com/search?safe=strict&source=android-browser&biw=320&bih=288&ei=gsu5W6PLMMKAvwSUqJ7YAg&ins=false&q=virtual+reality+adalah&oq=virtual+reality+ad&gs_l=mobile-gws-wiz-serp.1.0.0l3j0i22i30l2.17144.18031..20789...0.0..0.268.619.0j1j2......0....1.........0i71j0i67.ZESwxCgagLM
https://androidcara.web.id/2016/11/pengertian-hardware-software-brainware-dan-contohnya.html
https://www.engadget.com/2009/07/01/emachines-intros-et1300-02-et1810-01-and-et1810-03-desktop-pcs/
https://www.kisspng.com/png-computer-icons-system-administrator-clip-art-id-1030869/
https://www.bestbuy.ca/en-ca/product/dji-spark-quadcopter-drone-with-camera-ready-to-fly-white/10737809.aspx
Tidak ada komentar:
Posting Komentar