Minggu, 14 Oktober 2018

Tugas 1 Inovasi SI & New Technology

Sejarah Atau Perkembangan Sistem Informasi Atau Teknologi Informasi Terkait Dengan Inovasi 

PENDAHULUAN
Di zaman sekarang  teknologi berkembang dengan pesat oleh karena itu banyak yang membuat atau menciptakan sesuatu yang baru di bidang teknologi. Dengan adanya teknologi yang canggih dapat memanfaatkan penggunanya seperti mendapatkan informasi secara cepat.



SEJARAHPERKEMBANGAN INFORMASI TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI
Manusia zaman dulu sudah mengenal informasi dan komunikasi tetapi teknologi dan komunikasi pada zaman dulu tidak secanggih pada zaman sekarang ini. Manusia zaman dulu untuk membuat informasi dengan cara menggambar di dinding. Untuk komunikasi mereka hanya mengandalkan isyarat tangan. Pada zaman prasejarah diciptakan alat – alat yang digunakan untuk menghasilkan bunyi seperti terompet yang terbuat dari tanduk binatang yang berfungsi sebagai alat pemberi tahu adanya bahaya.



SEJARAH PERKEMBANGAN SISTEM INFORMASI
Sekitar 3000 tahun yang lalu manusia mempertukarkan informasi dengan cara menulis di batu, kayu, dan tanah liat. Ada empat tahapan yang dilalui dalam mengembangkan komunikasi dan informasi :



1  1.   Periode pertama : Pra Mekanik

Pada periode ini menggunakan simbol untuk menyampaikan informasi.  Pada tahun 3000 – 2000 sebelum masehi manusia menggunakan gambar untuk menyampaikan pesan. contoh Bangsa Fenensia yang mengciptakan model yang sama. Bangsa Yunani Kuno mengadaptasi symbol milik Bangsa Fenisia dengan menambahkan huruf vokal yang membuatnya mudah digunakan. Banga Romawi kuno memakainya, yang mana saat ini menjadi alfabet yang kita kenal dan gunakan saat ini. 
     
     2. Periode kedua : Mekanik

Periode masuk ke dalam masa abad pertengahan. Pada periode ini orang sudah menggunakan peralatan untuk menyimpan, mengolah, dan merekam informasi. Gutenburg adalah salah satu penemu mesin cetak. Gutenburg berasal dari Jerman. Dengan adanya mesin cetak dapat memudahkan penggunanya karena dapat memproduksi tulisan yang sama dalam jumlah besar. 
3   
     3. Periode ketiga : Elektromekanik

Pada periode ini diciptakan telepon dan kode mouse untuk digunakan komunikasi jarak jauh.
4
     4. Periode keempat : Elektronik

Pada tahun 1957 Jean Hoerni mengembangkan transistor. Transistor dapat mengintegrasikan semua sirkuit yang diciptakan tahun – tahun selanjutnya. Pada tahun 1960, Departemen Pertahanan Amerika Serikat mendirikan ARPANET (Advanced Research Project Agency NETwork ). ARPANET digunakan untuk pemerintah, penelitian, dan universitas. Pada tahun 1962 peniliti dari MIT yang bernama Licklider memperluas ARPANET ke jaringan komputer di seluruh dunia untuk interaksi social.

DAMPAK POSITIF TEKNOLOGI INFORMASI
1   1.   Media social


Dengan adanya media social kita dapat bertemu dengan individu yang baru, menambah pertemanan, dan mempromosikan bisnis atau usaha kita.
2   
     2. Membantu untuk mencari informasi

Teknologi informasi dapat membantu kita mencari informasi dengan cepat. Untuk peranan informasi terhadap siswa, teknologi informasi dapat membantu siswa untuk mencari bahan pelajaran di sekolah sehingga siswa dapat menambah wawasan atau ilmu yang baru dan luas.
3   
     3.  Memudahkan komunikasi

Dengan adanya teknologi informasi dapat memudahkan kita dalam hal komunikasi. Contoh kita dapat berkomunikasi dengan teman kita dalam jarak jauh. 

DAMPAK NEGATIF TEKNOLOGI INFORMASI
     1. Meningkatkan penipuan dan juga kejahatan cyber

Teknologi informasi saat ini berkembang sangat pesat sehingga banyak sekali orang – orang memanfaatkan teknologi informasi yang negatif dengan cara yaitu menipu.
   
     2. Konten negatif yang berkembang pesat

Konten negatif bisa berdampak buruk bagi semua kalangan seperti kalangan dewasa maupun kalangan anak-anak. Terutama kalangan anak-anak. Di zaman teknologi informasi yang berkembang pesat  banyak sekali kalangan anak-anak yang menonton yang seharusnya mereka tidak boleh ditonton. Hal ini akan berakibatkan si anak akan kehilangan bersosialisasi, menurunnya prestasi belajar.
3
     3.  Menurunnya prestasi belajar dan juga kemampuan bekerja seseorang

Dampak negatif  dapat menurunkan prestasi belajar anak karena anak tersebut akan lebih fokus terhadap teknologi informasi . Kenapa dikatakan lebih fokus terhadap teknologi informasi karena teknologi informasi memiliki media hiburan seperti games dan sebagainya maka anak tersebut akan malas untuk belajar sehingga prestasi belajar akan menurun. 

KOMPONEN – KOMPONEN KOMPUTER
Komputer memiliki 3 komponen yaitu Hardware, Software, dan Brainware.
1. Hardware

Hardware atau perangkat keras adalah komponen dari system komputer yang dapat disentuh secara langsung. Contoh dari hardware yaitu monitor, mouse, keyboard, speaker dan sebagainya.

2. Software 

Software atau peragkat lunak adalah komponen dari system komputer yang tidak dapat disentuh. Perangkat lunak memiliki fungsi yaitu untuk memproses atau memberi perintah sehingga dapat menjalankan berbagai perintah. Contoh dari software yaitu linux, unix, Microsoft, google, visual basic dan sebagainya

3. Brainware
Brainware dapat dikatakan sebagai pengguna komputer. Contoh dari brainware yaitu operator, programmer, dan administrator.  

INOVASI TEKNOLOGI INFORMASI
1. Drone 

Drone adalah pesawat terbang yang dikendalikan oleh remote control. Remote control digunakan untuk mengontrol drone di udara. Pada awalnya drone hanya digunakan untuk anggota militer. Anggota militer menggunakan drone untuk memonitor seluruh bagian wilayah yang berbahaya.

2. Tango 
Tango merupakan aplikasi yang diciptakan oleh google. Tango dapat membantu google maps karena mampu mempelajari keadaan sekitar seperti bentuk rumah, menciptakan peta lebih tepat dan akurat.

3. Virtual Reality (VR)


Virtual Reality diciptakan pada tahun 1800-an. Dalam bahasa Indonesia virtual Reality disebit dengan realitas maya. Virtual Reality dapat membuat penggunanya merasakan seakan-akan akan berinteraksi dengan lingkungannya.


KESIMPULAN
Di zaman teknologi informasi  yang berkembang pesat ini kita sebagai pengguna harus bijak memakai teknologi informasi.

REFERENSI
http://dyhancrspo.blogspot.com/2016/09/sejarah-perkembangan-sistem-informasi.html

http://www.academia.edu/27853821/Sejarah_Singkat_Perkembangan_Teknologi_Informasi_dan_Komunikasi

http://www.belajar-komputer-mu.com/2012/09/sejarah-perkembangan-sistem-informasi.html


http://www.bintangmandirischool.sch.id/id/bulletin/5-penemuan-inovasi-teknologi-informasi-terbaru-di-dunia-2016-%E2%80%93-2017

https://gdroneview.com/apa-itu-drone-pengertian-fungsi-kegunaan/

https://www.google.com/search?safe=strict&source=android-browser&biw=320&bih=288&ei=gsu5W6PLMMKAvwSUqJ7YAg&ins=false&q=virtual+reality+adalah&oq=virtual+reality+ad&gs_l=mobile-gws-wiz-serp.1.0.0l3j0i22i30l2.17144.18031..20789...0.0..0.268.619.0j1j2......0....1.........0i71j0i67.ZESwxCgagLM

https://androidcara.web.id/2016/11/pengertian-hardware-software-brainware-dan-contohnya.html

https://www.engadget.com/2009/07/01/emachines-intros-et1300-02-et1810-01-and-et1810-03-desktop-pcs/

https://www.kisspng.com/png-computer-icons-system-administrator-clip-art-id-1030869/

https://www.bestbuy.ca/en-ca/product/dji-spark-quadcopter-drone-with-camera-ready-to-fly-white/10737809.aspx










Tidak ada komentar:

Posting Komentar