BAB I
PENDAHULUAN
1.1 LATAR
BELAKANG
Dari waktu ke
waktu teknologi informasi mengalami perubahan dan perkembangan yang sangat
cepat dan pesat, dan saat ini sudah menjadi tuntutan masyarakat yang tidak
dapat ditawar lagi. Tujuan utama perkembangan teknologi informasi adalah
merubahkehidupan masa depan manusia yang lebih baik, mudah, murah, cepat dan
aman. Kemajuan teknologi informasi, telah melahirkan banyak perubahan mendasar
dalam kehidupan manusia saat ini, memberikan banyak kemudahan dan membantu
pekerjaan manusia. Kemajuan teknologi informasi yang demikian pesat membuat
bola dunia terasa makin kecil dan ruang seakan menjadi tak berjarak lagi
(disebut juga globalisasi).
Komputer
merupakan alat modern yang tidak bisa dilepaskan dari kehidupan sehari-hari.
Kebutuhan sehari-hari manusia terus meningkat dan kesibukanpun tidak bisa
dihindari, begitu juga dengan Teknologi Perbankan yang semakin hari semakin
berkembang guna memenuhi kebutuhan para nasabahnya.
Manusia pada
dasarnya ingin suatu hal serba instan dan praktis, para pihak Bank pun tidak
mau ketinggalan dengan terobosan-terobosan teknologi sehingga para nasabah bisa
nyaman dengan pelayanannya.
Dalam dunia
perbankan teknologi Internet mulai menjadi trend dan bahkan sudah menjadi
standar de facto. Mobile banking mulai muncul sebagai salah satu servis dari
Bank. Pelayanan (servis) ini mulai menjadi tuntutan dari sebagian nasabah bank,
sama halnya dengan servis ATM dan phone banking atau SMS banking. Akan aneh
jika sebuah bank tidak mengikuti trend ini karena telah merupakan bagian
pelayanan prima (service excellence) dari suatu bank. Adanya tuntutan mobile
banking ini datangnya dari nasabah yang menginginkan servis cepat, aman, nyaman
murah dan tersedia setiap saat (24 jam/hari, 7 hari/minggu) dan dapat diakses
melalui perangkat mobile yang dimiliki nasabah. Keseluruhan tuntutan ini dapat
diberikan oleh layanan mobile banking.
Oleh
karena itu, penulis akan mencoba menulis permasalahan tentang mobile banking
dalam sebuah makalah.
1.2 TUJUAN
1. Menambah wawasan mengenai analisa mobile banking
2. Dapat memenuhi salah satu tugas softskill dalam mata
kuliah Inovasi Sistem Informasi dan New Technology
1.3 RUMUSAN MASALAH
1. Bagaimana sejarah singkat M-banking ?
2. Apa pengertian dari M-banking ?
3. Fitur – fitur apa saja yang terdapat di M-banking ?
4. Bagaimana cara kerja
M-banking ?
5. Apa keuntungan dan kerugian M-banking ?
BAB II
PEMBAHASAN
2.1 SEJARAH SINGKAT MBANKING
BCA
( Bank Central Asia ) adalah salah satu bank swasta terbesar di Indonesia yang pertama
kali meluncurkan system mobile banking di Indonesia. Layanan mobile banking BCA
dikenal dengan nama m-BCA. Selanjutnya Bank Mandiri, BRI BII, CIMB Niaga juga
turut meluncurkan layanan mobile banking. Hingga kini Mobile Banking menjadi
favorit bagi nasabah dalam melakukan transaksi. Ditambah sekarang Mobile
Banking tidak hanya diakses di web melainkan app mobile seperti google store
dan apple store.
2.2 PENGERTIAN M-BANKING
M-banking
merupakan pelayanan yang berfungsi untuk melakukan transaksi keuangan melalui
telepon seluler. M-banking sangat bermanfaat bagi orang-orang di zaman
sekarang, karena dapat mempermudah melalukan transaksi apa saja dan di mana
saja secara cepat. Fasilitas yang dimiliki dengan M-banking sama dengan ATM
hanya saja M-banking tidak bisa mengambil uang secara cash.
Hampir
semua bank telah menyediakan fasilitas M-banking seperti SIMtolkit (Menu
Layanan Data ) dan SMSplain (sms manual). Untuk operator CDMA yang mendukung
layanan mobile banking seperti Fren, Star One, dan Flexi sedangkan
untuk operator GSM banyak yang sudah mendukung layanan mobile banking seperti
Telkomsel, Indosat, XL, dan 3. Sedangkan operator Axis dan Hepi sedang dalam
pengembangan mengikuti layanan mobile banking operator lainnya.
2.3 FITUR – FITUR YANG TERDAPAT DI MBANKING
Fitur
layanan yang dimiliki M-banking tidak jauh berbeda dengan I-banking, karena
M-banking sebenarnya bagian dari I-banking.
I-banking (Internet Banking ) adalah pelayanan yang berfungsi untuk
melakukan transaksi keuangan melalui internet.
Fitur
layanan M-banking yaitu :
1. Transfer dana antar rekening dan antar bank
2. Pembayaran tagihan rekening telepon, air, listrik,
internet, kabel TV, kartu kredit, dan lain-lain
3. Pembelian pulsa telepon atau transaksi online shopping
4. Pengecekkan saldo rekening dan mutasi rekening untuk
tabungan, deposito, kartu kredit ataupun rekening lainnya
5. Pengecekkan kurs dan suku bunga produk bank terkini
2.4 CARA KERJA M-banking
Untuk
menggunakan M-banking terdapat dua cara menggunakan aplikasi M-banking. Pertama
adalah dengan cara mengunduh aplikasi M-banking di google store atau apple
store. Kedua adalah dengan mengakses melalui menu provider. Namun tidak semua
provider memiliki layanan mobile banking, hanya saja beberapa provider yang
menyediakan layanan mobile banking.
Seperti salah satu contohnya adalah mobile banking BCA yang dapat
diakses melalui provider Indosat, XL, dan Telkomsel.
Sebelum
menggunakan M-banking di smartphone, kita harus mendaftar terlebih dahulu.
Dibawah ini adalah cara mendaftar M-banking di smartphone
1. Mengunduh aplikasi M-banking sesuai bank yang
diinginkan
2. Mengirim SMS dengan format sesuai dengan yang
diberikan oleh bank dimana anda menjadi nasabah, misalnya untuk bank mandiri
ketik “Reg Mobile” lalu kirim ke nomor 3335
3. Setelah aplikasi berhasil diunduh, silahkan membuat
password dan identitas rahasia yang
nantinya akan digunakan untuk login
4. Jika masih belum jelas silahkan menghubungi customer
servis di bank anda
2.6 KEUNTUNGAN DAN KERUGIAN M-Banking
A. KEUNTUNGAN M-banking
1. Lebih mudah diakses meski dalam
koneksi internet lambat
2. Jangkauan koneksi lebih luas
dari internet banking
3. Fitur sederhana dan mudah dimengerti
4. Biaya yang dikenakan umumnya lebih
rendah dari internet banking
5. Aman dan meminimalisasi risiko
penipuan
6. Memudahkan nasabah dalam menjangkau
bank
7. Dapat diakses 24 jam sehari, 7 hari
seminggu
B. KERUGIAN M-banking
1. Rentan akan penipuan yang disebut “smishing”
(pengguna mobile bankingmenerima SMS atau telepon palsu yang
menanyakan detil rekening bank dari seorang hacker yang
menyamar sebagai institusi keuangan)
2. Fitur keamanan melalui koneksi yang
terenkripsi bisa di-hack saat smartphone dicuri
3. Dibutuhkannya smartphone ecanggih
untuk mengaksesnya
BAB III
PENUTUPAN
3.1 KESIMPULAN
BCA ( Bank Central Asia ) adalah salah satu bank
swasta yang pertama kali meluncurkan M-banking atau mobile banking. M-banking
adalah dalam merupakan pelayanan yang berfungsi untuk melakukan transaksi keuangan
melalui telepon seluler. Hamper semua bank telah menggunakan M-banking.
Operator – operator di Indonesia banyak yang sudah mendukung M-banking seperti
operaot GSM yaitu Telkomsel, Indosat, XL, dan 3 sedangkan operator CDMA yaitu
Fren, star-one, dan flexi. Untuk operator axis da hepi sedang dalam pengembangan
mengikuti layanan M-banking. Untuk mendapatkan layanan M-banking kita mengunduh
terlebih dahulu aplikasi M-banking di Google Store atau Apple Store. Setelah
mengunduh aplikasi M-banking kita dapat mendaftar M-banking di aplikasi yang
M-banking yang telah diunduh. Pendaftaran M-banking digunakan untuk kita
pengguna M-banking telah terdaftar di data bank tersebut. Fitur – fitur yang di
M-banking yaitu
1. Layanan Informasi seperti saldo, mutasi rekening, suku bunga, dan lokasi
cabang/ATM terdekat
2. Layanan transaksi seperti transfer, pembayaran tagihan ( listrik air,
internet, pembelian pulsa ) dan sebagainya
M-banking
memiliki keuntungan dan kerugian. Salah satu keuntungan dari M-banking yaitu lebih mudah diakses meski dalam
koneksi internet lambat sedangkan kerugiannya yaitu rentan akan penipuan.
3.2 SARAN
Saat ini teknologi berkembang dengan pesat. Salah
satunya M-banking. M-banking adalah teknologi yang berkembang dengan pesat di
bidang perbankkan. Dengan adanya M-banking dapat memudahkan kita bertransaksi
dengan mudah. Akan tetapi para pengguna harus tetap berhati-hati menggunakan
M-bankking karena sangat rentan dengan penipuan. Jadi penipu tersebut akan
menyamar menjadi institusi keuangan dengan cara memberi sms atau telepon palsu
ke pengguna M-banking.
BAB IV
DAFTAR PUSTAKA
Tidak ada komentar:
Posting Komentar