Rabu, 24 Oktober 2018

MAKALAH MENGANALISA MBANKING


BAB I
PENDAHULUAN

1.1 LATAR BELAKANG    
Dari waktu ke waktu teknologi informasi mengalami perubahan dan perkembangan yang sangat cepat dan pesat, dan saat ini sudah menjadi tuntutan masyarakat yang tidak dapat ditawar lagi. Tujuan utama perkembangan teknologi informasi adalah merubahkehidupan masa depan manusia yang lebih baik, mudah, murah, cepat dan aman. Kemajuan teknologi informasi, telah melahirkan banyak perubahan mendasar dalam kehidupan manusia saat ini, memberikan banyak kemudahan dan membantu pekerjaan manusia. Kemajuan teknologi informasi yang demikian pesat membuat bola dunia terasa makin kecil dan ruang seakan menjadi tak berjarak lagi (disebut juga globalisasi).
Komputer merupakan alat modern yang tidak bisa dilepaskan dari kehidupan sehari-hari. Kebutuhan sehari-hari manusia terus meningkat dan kesibukanpun tidak bisa dihindari, begitu juga dengan Teknologi Perbankan yang semakin hari semakin berkembang guna memenuhi kebutuhan para nasabahnya.
Manusia pada dasarnya ingin suatu hal serba instan dan praktis, para pihak Bank pun tidak mau ketinggalan dengan terobosan-terobosan teknologi sehingga para nasabah bisa nyaman dengan pelayanannya.
Dalam dunia perbankan teknologi Internet mulai menjadi trend dan bahkan sudah menjadi standar de facto. Mobile banking mulai muncul sebagai salah satu servis dari Bank. Pelayanan (servis) ini mulai menjadi tuntutan dari sebagian nasabah bank, sama halnya dengan servis ATM dan phone banking atau SMS banking. Akan aneh jika sebuah bank tidak mengikuti trend ini karena telah merupakan bagian pelayanan prima (service excellence) dari suatu bank. Adanya tuntutan mobile banking ini datangnya dari nasabah yang menginginkan servis cepat, aman, nyaman murah dan tersedia setiap saat (24 jam/hari, 7 hari/minggu) dan dapat diakses melalui perangkat mobile yang dimiliki nasabah. Keseluruhan tuntutan ini dapat diberikan oleh layanan mobile banking. Oleh karena itu, penulis akan mencoba menulis permasalahan tentang mobile banking dalam sebuah makalah.

1.2 TUJUAN
1.     Menambah wawasan mengenai analisa mobile banking
2.     Dapat memenuhi salah satu tugas softskill dalam mata kuliah Inovasi Sistem Informasi dan New Technology

1.3 RUMUSAN MASALAH
1.     Bagaimana sejarah singkat M-banking ?
2.     Apa pengertian dari M-banking ?
3.     Fitur – fitur apa saja yang terdapat di M-banking ?
4.     Bagaimana cara kerja  M-banking ?
5.     Apa keuntungan dan kerugian M-banking ?


BAB II

PEMBAHASAN

2.1 SEJARAH SINGKAT MBANKING
BCA ( Bank Central Asia ) adalah salah satu bank swasta terbesar di Indonesia yang pertama kali meluncurkan system mobile banking di Indonesia. Layanan mobile banking BCA dikenal dengan nama m-BCA. Selanjutnya Bank Mandiri, BRI BII, CIMB Niaga juga turut meluncurkan layanan mobile banking. Hingga kini Mobile Banking menjadi favorit bagi nasabah dalam melakukan transaksi. Ditambah sekarang Mobile Banking tidak hanya diakses di web melainkan app mobile seperti google store dan apple store.

2.2 PENGERTIAN M-BANKING
M-banking merupakan pelayanan yang berfungsi untuk melakukan transaksi keuangan melalui telepon seluler. M-banking sangat bermanfaat bagi orang-orang di zaman sekarang, karena dapat mempermudah melalukan transaksi apa saja dan di mana saja secara cepat. Fasilitas yang dimiliki dengan M-banking sama dengan ATM hanya saja M-banking tidak bisa mengambil uang secara cash.  
Hampir semua bank telah menyediakan fasilitas M-banking seperti SIMtolkit (Menu Layanan Data ) dan SMSplain (sms manual). Untuk operator CDMA yang mendukung layanan mobile banking seperti Fren, Star One, dan Flexi   sedangkan untuk operator GSM banyak yang sudah mendukung layanan mobile banking seperti Telkomsel, Indosat, XL, dan 3. Sedangkan operator Axis dan Hepi sedang dalam pengembangan mengikuti layanan mobile banking operator lainnya.

2.3 FITUR – FITUR YANG TERDAPAT DI MBANKING
Fitur layanan yang dimiliki M-banking tidak jauh berbeda dengan I-banking, karena M-banking sebenarnya bagian dari I-banking.  I-banking (Internet Banking ) adalah pelayanan yang berfungsi untuk melakukan transaksi keuangan melalui internet.

Fitur layanan M-banking  yaitu :
1.     Transfer dana antar rekening dan antar bank
2.     Pembayaran tagihan rekening telepon, air, listrik, internet, kabel TV, kartu kredit, dan lain-lain
3.     Pembelian pulsa telepon atau transaksi online shopping
4.     Pengecekkan saldo rekening dan mutasi rekening untuk tabungan, deposito, kartu kredit ataupun rekening lainnya
5.     Pengecekkan kurs dan suku bunga produk bank terkini

2.4 CARA KERJA M-banking
Untuk menggunakan M-banking terdapat dua cara menggunakan aplikasi M-banking. Pertama adalah dengan cara mengunduh aplikasi M-banking di google store atau apple store. Kedua adalah dengan mengakses melalui menu provider. Namun tidak semua provider memiliki layanan mobile banking, hanya saja beberapa provider  yang  menyediakan layanan mobile banking.  Seperti salah satu contohnya adalah mobile banking BCA yang dapat diakses melalui provider Indosat, XL, dan Telkomsel. 
Sebelum menggunakan M-banking di smartphone, kita harus mendaftar terlebih dahulu. Dibawah ini adalah cara mendaftar M-banking di smartphone
1.     Mengunduh aplikasi M-banking sesuai bank yang diinginkan
2.     Mengirim SMS dengan format sesuai dengan yang diberikan oleh bank dimana anda menjadi nasabah, misalnya untuk bank mandiri ketik “Reg Mobile” lalu kirim ke nomor 3335
3.     Setelah aplikasi berhasil diunduh, silahkan membuat password dan identitas rahasia yang  nantinya akan digunakan untuk login
4.     Jika masih belum jelas silahkan menghubungi customer servis di bank anda

2.6 KEUNTUNGAN DAN KERUGIAN M-Banking
A.   KEUNTUNGAN M-banking
1.     Lebih mudah diakses meski dalam koneksi internet lambat
2.     Jangkauan koneksi lebih luas dari internet banking
3.     Fitur sederhana dan mudah dimengerti
4.     Biaya yang dikenakan umumnya lebih rendah dari internet banking
5.     Aman dan meminimalisasi risiko penipuan
6.     Memudahkan nasabah dalam menjangkau bank
7.     Dapat diakses 24 jam sehari, 7 hari seminggu

B.   KERUGIAN M-banking
1.     Rentan akan penipuan yang disebut “smishing” (pengguna mobile bankingmenerima SMS atau telepon palsu yang menanyakan detil rekening bank dari seorang hacker yang menyamar sebagai institusi keuangan)
2.     Fitur keamanan melalui koneksi yang terenkripsi bisa di-hack saat smartphone dicuri
3.     Dibutuhkannya smartphone ecanggih untuk mengaksesnya


BAB III
PENUTUPAN
3.1 KESIMPULAN
BCA ( Bank Central Asia ) adalah salah satu bank swasta yang pertama kali meluncurkan M-banking atau mobile banking. M-banking adalah  dalam merupakan pelayanan yang berfungsi untuk melakukan transaksi keuangan melalui telepon seluler. Hamper semua bank telah menggunakan M-banking. Operator – operator di Indonesia banyak yang sudah mendukung M-banking seperti operaot GSM yaitu Telkomsel, Indosat, XL, dan 3 sedangkan operator CDMA yaitu Fren, star-one, dan flexi. Untuk operator axis da hepi sedang dalam pengembangan mengikuti layanan M-banking. Untuk mendapatkan layanan M-banking kita mengunduh terlebih dahulu aplikasi M-banking di Google Store atau Apple Store. Setelah mengunduh aplikasi M-banking kita dapat mendaftar M-banking di aplikasi yang M-banking yang telah diunduh. Pendaftaran M-banking digunakan untuk kita pengguna M-banking telah terdaftar di data bank tersebut. Fitur – fitur yang di M-banking yaitu
1.     Layanan Informasi seperti saldo, mutasi rekening, suku bunga, dan lokasi cabang/ATM terdekat
2.     Layanan transaksi seperti transfer, pembayaran tagihan ( listrik air, internet, pembelian pulsa ) dan sebagainya
M-banking memiliki keuntungan dan kerugian. Salah satu keuntungan dari M-banking yaitu lebih mudah diakses meski dalam koneksi internet lambat sedangkan kerugiannya yaitu rentan akan penipuan.

3.2 SARAN
Saat ini teknologi berkembang dengan pesat. Salah satunya M-banking. M-banking adalah teknologi yang berkembang dengan pesat di bidang perbankkan. Dengan adanya M-banking dapat memudahkan kita bertransaksi dengan mudah. Akan tetapi para pengguna harus tetap berhati-hati menggunakan M-bankking karena sangat rentan dengan penipuan. Jadi penipu tersebut akan menyamar menjadi institusi keuangan dengan cara memberi sms atau telepon palsu ke pengguna M-banking. 

BAB IV
DAFTAR PUSTAKA




















Tidak ada komentar:

Posting Komentar